Ekonomi Bisnis

Jumat, 10 Oktober 2025 - 18:29 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Pertamina Bawa 41 UMKM Binaan ke Smexpo Surabaya, Target 12 Ribu Pengunjung

SURABAYA | klikku.id – Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menampilkan 41 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya, dalam pameran Small and Medium Enterprises Expo (Smexpo) di Royal Plaza Surabaya, Jumat hingga Minggu (10–13/10/2025). Ajang ini menargetkan kunjungan hingga 12 ribu orang selama tiga hari.

Ahad Rahedi, Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, mengatakan Smexpo tahun ini menjadi yang pertama digelar dengan konsep roadshow ke sejumlah kota besar.

“Setelah Yogyakarta minggu lalu, sekarang Surabaya, kemudian Palembang, Bandung, dan terakhir di Jakarta yang akan menjadi puncak nasionalnya,” ujarnya, Jumat (10/10).

Sebanyak 41 UMKM binaan dari sektor kerajinan, fesyen, kuliner, hingga produk kreatif lainnya ikut serta memperkenalkan produk unggulannya.

Menurut Ahad, Surabaya dipilih karena menjadi tolok ukur perekonomian wilayah Jawa.

“Kalau ingin produk unggulan terlihat, harus hadir di tempat strategis seperti Surabaya. Dengan begitu, masyarakat makin familiar dengan karya UMKM lokal,” jelasnya.

Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus saat ini telah membina lebih dari 8.900 UMKM di berbagai daerah. Namun, tantangan terbesar dalam pengembangan usaha adalah mempertemukan pelaku UMKM dengan investor yang tepat.

“Banyak yang sudah mapan, tapi kesulitan mencari investor yang bisa cocok. Itu yang paling menantang,” tandas Ahad.

Smexpo Surabaya menjadi bagian dari upaya Pertamina memperluas pasar, memperkuat jejaring, dan membuka peluang investasi baru bagi UMKM binaan di sektor energi dan kreatif. In.Joe.nwsia