Pelayanan Publik Pemerintahan

Kamis, 23 Oktober 2025 - 19:29 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Pelayanan PBG di MPP Siola Surabaya Dinobatkan Tercepat se-Indonesia, Urus Izin Cuma 15 Menit

SURABAYA | klikku.id – Kota Surabaya kembali menorehkan prestasi nasional di bidang pelayanan publik. Layanan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Siola, dinobatkan sebagai yang tercepat se-Indonesia, dengan waktu pengurusan hanya sekitar 15 menit.

Pengakuan tersebut disampaikan langsung oleh Maruarar Sirait, Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) RI, saat meninjau MPP Siola bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

“Kami hitung waktunya. Kami keliling sebentar, lalu balik lagi sekitar 15 menit lebih 20 detik, dan ternyata prosesnya sudah selesai,” ungkap Maruarar kagum.

Ia menilai pelayanan publik di Surabaya menjadi contoh nasional, cepat, transparan, tanpa pungli, dan gratis.

“Selamat kepada Wali Kota Surabaya dan seluruh jajaran yang mampu menghadirkan pelayanan publik modern, efisien, dan berkualitas,” tambahnya.

Saat ini, MPP Siola Surabaya menyediakan 1.993 layanan publik, mulai dari administrasi kependudukan, perizinan investasi, hingga konsultasi keluarga dan usaha.

Fasilitasnya lengkap, ada Puspaga, Klinik Investasi, Ruang Laktasi, Pojok Baca Digital, Ruang ABK, SWK, hingga Musala.

Tito Karnavian menilai keberadaan MPP seperti Siola sangat memudahkan masyarakat.

“Masyarakat tidak perlu lagi berpindah-pindah kantor untuk mengurus dokumen. Semua layanan, mulai paspor, Dukcapil, sampai PBG, tersedia di sini,” jelas Mendagri.

Hingga kini, terdapat 289 MPP di seluruh Indonesia, dengan 35 berada di Jawa Timur. Menurut Tito, model pelayanan terpadu seperti Siola mampu meningkatkan transparansi, memperjelas proses pembayaran, dan menekan potensi korupsi.

“MPP membantu masyarakat mendapatkan layanan cepat dan pasti, sekaligus mendorong tata kelola pemerintahan yang bersih,” ujarnya.

Ia juga mendorong agar sistem MPP bisa terintegrasi digital dengan layanan pusat seperti SIMBG (PUPR) dan OSS (Kementerian Investasi) agar proses perizinan makin mudah.

Sementara itu, Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya, menyebut penghargaan ini adalah bentuk tanggung jawab Pemkot kepada warganya.

“Ini bukan sekadar prestasi, tapi kewajiban kami untuk melayani dengan cepat dan sepenuh hati. Terima kasih kepada semua petugas MPP Siola yang sudah bekerja luar biasa,” ujar Eri.

Sejak diresmikan pada 2017 dan direvitalisasi pada 2022, MPP Siola terus berbenah. Kini tampil lebih modern, nyaman, dan ramah difabel, menegaskan posisi Surabaya sebagai kota dengan pelayanan publik terbaik di Indonesia. In.Jo3.nwsia