JAKARTA | klikku.id – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mulai tancap gas menyiapkan strategi besar menyambut libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru).
Mulai paket wisata, diskon transportasi, hingga ratusan event daerah, disiapkan untuk menggerakkan pergerakan wisatawan di seluruh Indonesia.
Menteri Pariwisata Widiyanti Putri Wardhana mengatakan, hingga awal Desember sudah terkumpul 65 paket wisata dari mitra industri yang mencakup berbagai destinasi prioritas.
“Puluhan paket wisata itu baru laporan dari mitra. Di luar itu, masih banyak yang disiapkan secara mandiri oleh para pelaku usaha,” ujar Widiyanti, Senin (1/12).
Untuk mendukung mobilitas wisatawan, Kemenpar juga menyinergikan program stimulus transportasi yang dirilis pemerintah pusat. Suray resmi telah dikirim ke Online Travel Agent (OTA) untuk membantu penerapannya.
“Diskon yang diberikan antara lain 13–14 persen untuk tiket pesawat, 30 persen tiket kereta api, dan 16–18 persen tiket kapal laut,” jelasnya.
Selain paket wisata, strategi pemasaran juga digencarkan. Kemenpar menghelat pameran, forum pariwisata, kolaborasi dengan OTA, hingga promosi lintas daerah.
Salah satunya dengan HIPPINDO dan APPBI untuk program Indonesia Great Sale, yang digelar 18 Desember 2025–4 Januari 2026 di 411 pusat perbelanjaan di 24 provinsi.
Kemenpar juga memetakan 244 event wisata yang akan berlangsung menjelang akhir tahun. Sebanyak 91 persen di antaranya adalah event daerah.
Beberapa di antaranya berskala besar seperti Djakarta Warehouse Project (DWP) Bali, Jogja Rockarta Festival, dan BigBang Festival Jakarta.
Menurut Widiyanti, tiga provinsi dengan proyeksi kunjungan tertinggi pada akhir tahun adalah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Masing-masing juga menyiapkan event unggulan yang diprediksi menarik wisatawan dalam jumlah besar.
“Kami berharap rangkaian event Nataru menjadi pengungkit pergerakan wisatawan, memperkuat daya tarik destinasi, serta memberi dampak ekonomi nyata bagi masyarakat,” pungkasnya. R3d
